3rd BALI PHOTO AWARDS 2017

3rd BALI PHOTO AWARDS 2017

BIP awards 2017 memilih tema AIR DALAM BUDAYA. Adalah suatu kenyataan bahwa sebagian besar, sekitar 72% permukaan bumi terdiri dari air, setara dengan tubuh manusia yang sekitar 70% dari tubuhnya terdiri dari zat cair. Kendati demikian, sebagian besar dari air bumi adalah air asin di samudra yang mengelilingi daratan dan tak lebih dari 10 % air tawar yang langsung bisa dimanfaatkan untuk kelangsungan hidup di daratan. Karena itu bisa dipahami bila sejak jaman dulu pusat-pusat kegiatan kelompok masyarakat senantiasa berdekatan dengan sumber air seperti danau, mata air, sungai dan laut.

Indonesia, dan juga beberapa negara berhutan tropis, yang disebut memiliki kandungan air tawar yang cukup besar teridentifikasi sebagai negara agraris. Sejak jaman dulu, masyarakat Indonesia yang sebagian besar berpencaharian sebagai petani sangat memahami manfaat air bagi kehidupan. Alam lingkungan yang tumbuh di dua musim, kemarau dan hujan, adalah suatu proses yang mesti tetap dijaga. Musim kemarau sepanjang paruh waktu dalam setahun adalah pemahaman tentang persiapan menyambut musim penghujan untuk memasuki masa subur kegiatan agraris.

Peristiwa alam penguapan air laut menjadi mendung dan hujan di daratan, khususnya di dataran tinggi atau pegunungan, adalah suatu proses alam penyediaan air tawar untuk kelangsungan hidup. Hutan tropis menyimpannya sebagai air bawah tanah, sebagian tertampung di danau lalu melalui sumber mata air mengalir lewat sungai menyuburkan daerah-daerah yang dilaluinya. Di Bali, misalnya, prosesi alam ini tidak hanya dilakoni secara fisik melalui pengaturan tata air (Subak) namun juga secara ritual sebagai prosesi Segara-Gunung yang dikemas sebagai bagian aktifitas budaya. Demikian pula halnya dengan wilayah wilayah lain di Nusantara.

Di sisi lain, perkembangan penduduk yang semakin padat menyebabkan alih fungsi lahan hutan dan pertanian menjadi lahan budi daya dan kawasan hunian menyebabkan siklus alam ‘kemarau-hujan’ menjadi terganggu dan ketersediaan air tawar makin memprihatinkan. Upaya melestarikan air sebagai sumber kehidupan memang pantas dilakukan secara langsung oleh segala lapisan masyarakat namun tak kalah penting adalah melakukan pemahaman dan pembelajaran positif melalui penyampaian data secara visual perihal upaya pelestarian sumber air.

Bertolak dari fenomena pentingnya air dalam kehidupan, Perhimpunan Fotografer Bali (PFB) terpanggil untuk turut berperan dalam menghadirkan catatan visual dengan kegiatan Lomba Foto bertema Air Dalam Budaya


Mekanisme Lomba

Pengiriman Foto Lomba
23 April - 31 Juli 2017
Anugrah Pemenang & Pameran Finalis
23 Sept - 31 Okt 2017


Syarat & Ketentuan Lomba

  • Lomba terbuka untuk umum, pelajar dan Mahasiswa
  • Foto merupakan hasil karya sendiri, belum pernah memenangkan lomba atau terikat kontrak dengan pihak lain
  • Foto diambil menggunakan kamera digital kecuali drone, dan smartphone
  • Pengambilan foto dalam periode tahun 2015-2017
  • Tema foto : Air Dalam Budaya
  • Objek foto berada di wilayah Indonesia
  • Tidak mengandung unsur SARA, ujaran kebencian, kekerasana dan/atau pornografi
  • Karya foto yang didaftarkan adalah karya asli peserta, bukan hasil karya orang lain atau melanggar hak cipta dari karya orang lain (antara lain: tidak mengandung hasil editan/potongan foto milik pihak lain baik sebagian maupun keseluruhan
  • Seluruh hasil foto merupakan tanggung jawab dari peserta, termasuk penggunaan model dan/atau properti. Panitia Lomba Bali Photo Awards 2017 bebas dari tuntutan pihak ke tiga
  • Foto yang dilombakan merupakan foto berwarna dan hitam putih, tanpa penambahan border, watermark atau identitas
  • Ukuran foto: sisi terpanjang maksimal 1024 pixel, resolusi maksimal 300 dpi, dengan besar file maksimal 1 Mb format .JPG, tanpa menghilangkan exif data.
  • Peserta mengirimkan maksimal 5 foto beserta judul dan penjelasan singkat dalam bentuk digital/soft copy dengan melakukan pendaftaran di : http://baliphotoawards.com/register
  • Format penamaan file foto : No Foto _Judul_Nama Peserta_No HP (01_Upacara Melasti_Windu_081234567890), Pemenang diminta mengirimkan file original dan file highres yang sudah di edit untuk kebutuhan penjurian dan pameran.
  • Editing foto (brightness, contras, burning, dodging, hue/saturation) cropping maksimal 30% dari ukuran foto, dilarang menambahkan dan mengurangi elemen didalam foto.
  • Panitia Bali Photo Awards 2017 berhak mendiskualifikasi karya foto apabila dianggap melakukan kecurangan maupun tidak memenuhi syarat & ketentuan yang ditetapkan.
  • Akan ada  13 karya foto sebagai pemenang yaitu, 3  (tiga) Pemenang Utama dan 10 (sepuluh) pemenang Harapan yang ditentukan berdasarkan penilaian juri yang ditunjuk Penyelenggara . Foto finalis akan dipamerkan pada saat penganugrahan pemenang.
  • Penyelenggara berhak menggunakan foto finalis untuk keperluan publikasi, hak cipta melekat pada fotografer.
  • Keputusan Juri atas hasil lomba adalah bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
  • Dengan mengirimkan hasil karya, peserta menyetujui segala syarat dan ketentuan yang dibuat oleh penyelenggara.


Juri

Agatha Anne Bunanta, HonCNPS, Hon SSS, GMPSA, APSA, EFIAP/p, ARPS, GPU-Cr4, A.FPSI***

dr. Ida Bagus Andi Sucirta, A.FPSI**, EFIAP

Anom Manik Agung, S.Sn, A.FPSI***

Ir. Made Widnyana Sudibya

Agung Parameswara


Hadiah

JUARA I

Uang Tunai Rp 5.000.000

Printer Epson P 407 (Senilai Rp. 10.000.000)

Trofi Cili Naya + Mendali PFB + Piagam


JUARA II

Uang Tunai Rp 3.000.000

Printer Epson P 407 (Senilai Rp. 10.000.000)

Mendali PFB + Piagam 


JUARA III

Uang Tunai Rp 2.000.000

Printer Epson P 407 (Senilai Rp. 10.000.000)

Mendali PFB + Piagam


JUARA FAVORITE

Paket Printer Selfie CP100

Conecting Station CS100 

(Total Senilai Rp. 6.000.000) + Piagam


10 JUARA HARAPAN

@ Uang Tunai Rp 1.000.000

Merchandise + Piagam


Pemenang akan diundang untuk penyerahan hadiah secara langsung pada acara Anugerah dan Pameran pemenang pada tanggal 23 September 2017 di Griya Santrian Resorts & Villas, Jalan Danau Tamblingan no. 47 Sanur Denpasar-Bali (untuk informasi lebih lanjut penyelenggara akan menghubungi pemenang secara langsung)

Phone: 082266333043
Email: bipawards@gmail.com
Jl. Kecubung No.81 Denpasar,
Bali, Indonesia